Jaring atau Memancing, apapun itu.

” kamu kalau diberi kesempatan memilih, lebih prefer memakai cara apa saat kamu ingin dapat ikan di laut yang luas? ”

Si Gitu bertanya pada teman-temannya Si Ini dan Si Itu yang sedang ngumpul bareng setelah sekian lama tak bertemu, mereka menikmati makanan favorit ketiganya yaitu es cream.

” aku lebih memilih memakai jaring ” kata si Ini
” kenapa? ”
” karena dengan jaring kamu bisa mendapatkan banyak ikan sekaligus. ”
” kalau ternyata tangkapanmu ikannya kecil atau jelek? ”
” masalah ikan yang tertangkap itu di akhir, karena di jaring akan ada banyak ikan jadinya kita bisa memilah untuk dapetin yang bagus. di jaring itu kita pilah-pilah, yang terjelek dan jelek dibuang aja nah sisanya dari ikan yang jelek-jelek itu kan bagus di situ dipilah lagi untuk dapet yang terbaik dari yang baik-baik ”
” oh gitu, kenapa kamu gak milih mancing? ”
” repot, kamu mau mancing satu-satu dan buang waktu lama dengan hasil yang gak kamu tau. iya kalau dapetnya langsung bagus, kalau ternyata jelek kan harus berulang-ulang? ”
” hmm iya. kalau kamu ?” si Gitu menanyakan pada teman satunya, si Itu.

” aku milih mancing aja. ” tegas si Itu.
” loh kenapa? bukannya enak pakai jaring? lebih cepet dapetnya? ”
” iya sih, gak munafik dengan jaring kamu akan dapat ikan yang banyak dengan sekali lempar terus juga bisa milih mana yang baik-baik tapi kamu gak akan dapet ngerasain proses dimana kamu mendapatkan apa yang kamu mau itu. ”
” maksudnya? ”
” kamu gak akan tau kan rasa indahnya kamu gagal terus, kamu capek gak dapet-dapet, tapi kamu gak putus asa buat dapet yang terbaik. coba kamu bayangin saat kamu udah nunggu lama mancing di laut, capek, pusing, lemes tapi tiba-tiba pancingmu bergerak dan di sana ada ikan yang sangat besar bagus terus dibakar maka kamu akan kenyang dengan usahamu sendiri. ”
” tapi terlalu lama kalau kamu mancing ”
” iya, waktu yang kamu punya akan lama. tapi dengan waktu lama itu kamu akan dapat rasa yang gak pernah kamu dapatkan secara instan ”

See, ini cuma sebagian dari orang-orang yang ada di bumi ini. Dan terlihat kalau antara Ini dan Itu saja berbeda meskipun mereka kembar, inilah yang dinamakan perbedaan pendapat dan pemikiran. Setiap orang akan punya pemikiran yang berbeda-beda dengan yang lainnya. Memang otak manusia boleh sama penciptanya, bahannya dan tujuannya, tapi perlakuan, usia, lingkungan sekitar akan membuatnya berbeda. Faktor-faktor tersebut akan melapisinya otak kita dengan warna berbeda satu sama lain yang awalnya sama warna, dan tak akan ada warna yang sangat sama dengan satu sama lain mungkin hanya akan menyerupai, itupun sedikit saja.

Untuk hal ini, saya pribadi adalah tipe orang yang memilih memancing. Ya, karena saya memang ingin semua berhasil dengan sekali action dengan risk yang sangat minim. Tapi sepertinya, keadaan harus membuat saya beralih dari jawaban semula. Saya tidak selalu berhasil dalam action pertama, saya gagal, berulang-ulang terus tanpa henti. Seperti jalan ke puncak, tanjakan tiada henti untuk sampai puncaknya, saat liat orang lain yang sudah di puncak mereka terlihat sangat mulus berjalan balik arah untuk tujuan yang berbeda. Tertinggal memang, tapi kita tidak tahu usaha dari mereka yang sudah ada di puncak lebih dulu.
Itu karena kita selalu melihat hasil, hasil orang lain. Kita tidak tahu proses dari orang tersebut untuk menghasilkan yang kita lihat sekarang, mungkin dia memang lebih giat, lebih rajin, lebih sabar. Kita tak akan pernah tahu, kecuali Yang Maha Tau.
Iri ya? Sedih melihat diri sendiri ada di titik ini? Jenuh? Lelah?
Justru di sanalah ujiannya dimulai, bagaimana kita bisa terus berusaha tak putus asa menuju tujuan. Kita akan berkelahi dengan waktu, bertempur dengan keputus asaan, dan berperang dengan ego diri sendiri. Yakinlah ujian ini diberi karena kita mampu melewatinya, percaya juga usaha, kesulitan, waktunya sudah ada yang mengatur dan itu akan berbeda-beda setiap orangnya.

 hasil dari usahamu itu gak penting, tapi yang terpenting adalah proses dari kamu mencapai itu semua 

kalimat di atas mungkin ada benarnya, tapi kita juga tidak bisa menyalahkan kalimat di bawah ini,

 akan banyak pilihan jalan nantinya dan apapun jalan yang kamu pilih itu ada di tanganmu, yang terpenting kamu berhasil mencapainya. 

that’s the point sebenarnya!

Kalimat mana yang kamu yakini kebenarannya tidak akan pernah salah, karena proses yang kamu lewati penting untuk pengalaman hidupmu sama pentingnya dengan hasil yang kamu dapatkan. Pada akhirnya pun akan selalu ada seleksi di setiap prosesnya, apapun itu.
Jadi untuk memancing dan menjaring ikan, kenapa tidak memilih keduanya?
Karena keduanya berkesinambungan, secara tidak langsung saat kalian memilih menjaring proses berikutnya kalian akan memancing yang baik dari yang baik-baik juga, bukan? Begitu sebaliknya saat kalian memilih untuk memancing setelah mengumpulkan semuanya, kalian akan menjaring tangkapan dalam satu wadah. Begitulah, hidup.
Semoga semuanya sukses dengan pilihan kalian, semoga dilancarkan hingga puncak. Jangan berputus asa, tetap semangat. Ujian ini pasti bisa dilewati.

Thankyou, xo.

Teruntuk aku,
yang sedang lelah berada di titiknya.
Semangatlah aku, ujian ini pasti berlalu.

Sincerely Saya,
yang tak berhenti selalu menyemangatimu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s