Terimakasih untuk kecukupan ceritanya, lelaki bulat.

Ketahuilah di tengah tekanan-tekanan dari mana-mana ini aku ingin menyempatkan sedikit waktu untuk bercerita tentangmu, entah pada akhirnya terbaca atau tidak. Karena aku ingin mengungkapkan banyak hal yang gak bisa aku ungkapin secara lisan ke kamu. Ada banyak hal yang sudah kamu beri ke aku tapi gak pernah berbalas terimakasih dari aku, semoga tulisan ini cukup untuk membalasnya seperti yang kamu bilang di akhir pertemuan kita kemarin.

“ Kita punya cukup banyak cerita, sebenarnya. “

Di awal cerita kita jujur aku tidak pernah ingat kapan tepatnya aku pertama kali kenal kamu, yang aku inget pertama kali masuk di dunia kuliah kita sekelas di semua mata kuliah dan sebagian besar kamu jadi ketua kelasnya. Aku gak punya banyak catatan kesan tentang kamu di awal, entah itu kesan buruk atau baik bagiku kamu masih standar manusia yang ada di bumi ini. Tapi sepertinya, seiring berjalannya waktu kamu menguapkan semua itu karena sedikit banyak aku sudah mulai bisa menuliskan beberapa catatan untuk kesanku padamu. Ini bagian cerita yang kamu lupakan dari cerita kita.

Saat itu, aku butuh orang untuk ngantar aku ke sebuah tujuan dan saat itu aku belum terlalu banyak mengenal orang. Yang terpikirkan pertama kali saat itu kamu, entah kamu list ke nomor berapa yang pasti kamu orang yang pada akhirnya memberikan bantuan. Terima kasih banyak ya, Jel

Untuk menghancurkan tembok-tembok ego keasingan pertama kenal dan membantu aku saat itu.

Menjadio radio untuk cerita-cerita konyolku saat itu yang mungkin sebenarnya kamu gak pernah mau ada di posisi ini. Entah hasil akhir yang kamu tawarkan konyol atau tidak, itu sudah cukup melegakan.

Untuk selalu menjadi tongkat-tongkat untuk kelemahan-kelemahanku. Entah nantinya tongkat itu bisa menguatkanku atau tidak, setidaknya kamu selalu ada untuk menopang kelemahan.

Selalu menjadi penawar kejenuhan dan kesumpekan dengan tawa-tawa yang kamu buat.

Menjadi petunjuk dari kebuntuan-kebuntuanku, selama ini. Karena dengan pemikiran-pemikiranmu yang tak pernah terpikir olehku, bisa membuat mataku terbuka lebar, membuat pikiranku menjadi luas.

Karenamu, akhirnya aku tau kalau aku gak pantes pake poni depan. Terimakasih untuk tertawa puasnya waktu itu. Hisss.

Dan masih banyak lagi, terimakasih untuk banyak hal yang mungkin tak bisa disebutkan di sini satu-persatu.

Jel, ada sebuah rahasia yang harus kamu tau.

Mungkin saat ini, kamu pun masih mempertanyakan fungsi-fungsi dirimu. Aku pun tak pernah punya jawaban pastinya fungsi yang selalu kau tanyakan, tapi aku punya kepastian. Kamu, akan selalu berguna untuk orang-orang yang berada di sekitarmu sesuai porsi-porsinya. Karena bagi mereka, kamu cahaya dari kegelapannya.

Terimakasih ya, apapun itu. Dan maaf, kalau aku pernah membuat kamu sakit hati yang sengaja atau tidak.

Kalau aku boleh minta satu hal, aku ingin minta kamu tetap seperti ini. Bukan berarti aku tak membolehkanmu pergi, tapi pergilah tanpa harus meninggalkan. Tetaplah menjadi baik dengan khasmu sendiri, tetap hadirkan tawa-tawa keceriaan khasmu untuk pencair suasana jelek di sekitarmu, tetap tebarkan pemikiran-pemikiranmu yang selalu bisa menjadi petunjuk arah baru dari lubang kebuntuan pikiran orang lain. Tetap menjadi Rizal yang Bagus, RBR yang bulat.

Terimakasih untuk kecukupan cerita yang kamu buat, semoga tidak akan ada buku terakhir dari cerita-cerita kita. Apapun akhir dari cerita aku, kamu atau kita semoga setidaknya semua berakhir dengan bahagia. Sampai jumpa lagi di lembar-lembar cerita lainnya!

 

 

Ps: aku mau buat ini lebih lucu, tapi aku gak bakat. Haha. Semoga dengan kamu baca ini, gajiku lekas turun. Aamiin.

Leave a Reply

